Loading…

Penjelasan Tentang Toilet Portable

Toilet,  kakus, WC (Wtare Closet) atau kamar kecil dalam istilah Indonesia adalah kebutuhan rumah tangga yang memiliki kegunaan sebagai tempat penggabungan limbah rumah tangga skala individu (kotoran manusia; fases dan air seni). Pentingnya menjaga kebersihan agar terhindar dari segala penyakit sangatlah penting, sehingga toilet merupakan prasarana yang sangat perlu, dibutuhkan, bahkan wajib ada dalam kehidupan sehari-hari.toilet portable

Karena kebutuhannya yang menjadi amat penting, maka toilet juga perlu dibangun sebagai prasarana umum yang mudah diakses masyarakat luas. Pada umumnya toilet (kamar mandi) merupakan sebuah bangunan atau ruangan yang berisi prasarana (air, WC, sabun, dll) untuk menuntaskan kegiatan buang air. Lalu apa yang dimaksud dengan toilet portable itu?

Toilet portable fiber sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan toilet pada umumnya, yaitu sebagai tempat untuk membuang limbah manusia. Namun, yang membedakan toilet portable dengan toilet pada umumnya adalah karena toilet ini bisa dipindah-pindahkan pada lokasi tertentu, berbentuk seperti ruangan (box) dengan material yang ringan (seperti fiberglass, hdpe, dsb) yang mudah untuk dipindahkan.

Mengingat tingkat penduduk yang semakin memuncak dan lokasi kegiatan yang mengundang banyak pengunjung dengan minim fasilitas, maka toilet ini merupakan jalan keluar untuk memberikan akses yang lebih mudah pada masyarakat luas yang terburu dan membutuhkan. Dengan fasilitas yang juga disediakan seperti toilet pada umumnya, toilet portable juga memiliki closet jongkok/duduk, kran air/ tisu, jet spray, bak air, bahkan septic tank.

Lalu bagaimana dengan saluran pembuangan limbah yang tertampung dalam toilet portable tersebut? Toilet portable ini juga memiliki septic tank yang berada di bawah toilet itu sendiri. Jadi setelah mengalir dari closet limbah akan masuk ke dalam septic tank. Selanjutnya limbah yang tertampung dalam septic tank dapat diteruskan ke saluran pembuangan yang tersedia. Atau juga bisa dengan metode penyedotan (seperti sedot WC pada umumnya) apabila tank toilet portable sudah mencapai batas maksimum.

Pemasaran toilet portable kini semakin menjamur karena dengan desain yang modern juga fungsional, praktis, dan fleksibel. Tentunya sangat menjanjikan dan sangat diperlukan bagi sebagian besar masyarakat.