Loading…
alat septic tank surabaya

Cara Membuat Septic Tank Rumah yang Aman

Anda akan mengetahui lebih banyak tentang cara membuat septic tank rumah yang aman dan kiranya cukup mudah untuk diaplikasikan di kehidupan anda.

Kata Pengantar

Di era sekarang, mempunyai septic tank rumah menjadi salah satu yang diwajibkan. Karena fungsi septic tank sebagai bak penampungan kotoran yang berasal dari kamar mandi dan kloset., selain itu sebagai resapan kotoran ke tanah dan mencegah polusi udara atau pencemaran lingkungan lainnya.

alat septic tank surabaya

Untuk itu perlu anda tau cara membuat septic tank rumah yang aman dan benar, baik membuat septic tank dengan menggunakan jasa orang atau membuat septic tank sendiri. Selanjutnya akan dibahas cara-caranya sebagai berikut.

Langkah-langkah Cara Membuat Septic Tank Rumah yang Aman

Sekarang anda perlu tahu bagaimana cara membuat septic tank yang cukup aman, ramah lingkungan, dan mudah diapliasikan. Simak dengan baik pada setiap tahapnya.

  1. Untuk membuat septic tank sederhana tentukan terlebih dahulu ukuran septic tank yang akan dibuat, Anda bisa memperkirakan ukuran septic tank dengan menghitung jumlah penghuni rumah. Semakin banyak penghuni rumah, maka semakin besar pula sebaiknya septic tank dibuat lebih besar juga.
  2. Kemudian siapkan pipa, ukuran pipa untuk pembuangan yang berasal dari wc haruslah berukuran besar sekita 4 inchi. Pipa jangan dibuat terlalu banyak belokan atau sudut. Tujuannya agar kotoran tidak terambat.
  3. Selanjutnya sediakanlah saluran udara, yang bertujuan untuk sirkulasi udara pada septic tank. Apabila didalam septic tank mempunyai tekanan udara yang tersumbat, bisa saja terjadi septic tank meledak.
  4. Lalu buatlah galian dengan kedalaman 1,5 meter, lebar sekitar 1,3 meter, dan panjang sekitar 2,2 meter. Ini memiliki tujuan agaraseptic tank memiliki kedalaman septic tank yang ideal. Dan sebaiknya galian dibuat tegak lurus.
  5. Namun apabila terdapat mata air yang deras akan menyulitkan proses penggalian. Tetapi tidak usah khawatir, cukup gunakan ember untuk mengeluarkan air yang muncul dari dalam tanah.
  6. Jika proses penggalian telah selesai, sebaiknya secepat mungkin anda melakukan pemasangan dinding yang terbuat dari batu bata. Caranya pun sama dengan cara membuat dinding rumah dengan batu bata.
  7. Proses selanjutnya adalah memasang bagian dasar yaitu dengan pola pasangan satu bata. Lalu tutup dengan adukan semen yang dicampur dengan pasir. Kemudian memasang bagian dinding dengan pola setengah bata sama seperti membangun dinding rumah. Buatlah 2 bagian dari ukuran 2,2 meter tersebut, dan bagian penyekat tengah diberi lubang kecil.
  8. Jika pemasangan dan batu bata telah selesai di plester, anda perlu menyisakan sekitar 12 cm dari atas tanah untuk di cor beton.
  9. Untuk pengecoran beton, dibutuhkan besi behel 8mm berjumlah 5 batang. Sesuaikan dengan ukuran septic tank. Susun dan bariskan pada jarak 10cm lalu ikat dengan kawat.
  10. Lalu tutup septic tank dengan papan dengan ketebalan 10 cm. Kemudian cor permukaan septic tank dengan campuran pasir, semen, dan koral. Perlu diingat untuk ketebalan coran adalah maksimal 10 cm.
  11. Kemudian berilah lubang di atas ruang limbah cair lalu tutup dengan pipa PVC. Setelah itu sambungkan seluruh pipa pembuangan limbah padat yang berasal dari kloset menuju septic tank. Dan timbunlah dengan tanah. Namun akan berbeda cara apabila anda membuat septic tank dengan buis beton.

Kata Penutup

Dari ulasan diatas, anda telah mengetahui bagaimana cara membuat septic tank rumah yang aman bagi lingkungan sekitar dan mudah untuk diaplikasikan di rumah anda. xonoxfilter.co.id menghadirkan inovasi baru berupa alat filtrasi septic tank yang tentunya akan mempermudah dalam perawatannya. Atau anda bisa mengubungi pada nomor 081331346678 / 081232525918 untuk informasi lebih lengkap seputar alat filtrasi.